Rabu, 15 Agustus 2012

Anda Orang Indonesia ? Tentunnya Sudah Mencoba 7 Makanan Ini

Anda Orang Indonesia ? Tentunnya Sudah Mencoba 7 Makanan Ini - Hallo sahabat Distributor Bumbu Tabur Snack, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Anda Orang Indonesia ? Tentunnya Sudah Mencoba 7 Makanan Ini, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kuliner, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Anda Orang Indonesia ? Tentunnya Sudah Mencoba 7 Makanan Ini
link : Anda Orang Indonesia ? Tentunnya Sudah Mencoba 7 Makanan Ini

Baca juga


Anda Orang Indonesia ? Tentunnya Sudah Mencoba 7 Makanan Ini

Terlahir sebagai penyuka sayuran ialah anugerah bagi saya, karena banyak juga orang yang tak menyukai sayuran, dan ketika ditanya alasannya, jawabannya standar, “Dari kecil memang tak suka sayur”.

Makanya sekarang sejak dini saya selalu mengajarkan buah hati untuk menyukai sayuran, karena sayur mengandung serat, vitamin serta mineral yang baik bagi kesehatan tubuh. Agar sayur tak membosankan di lidah, variasi olahan menjadi salah satu siasatnya.

Jangan sampai anda menyajikan sayur bening lagi, atau sekedar tumisan saja, pasti bosan! Salah satu variasi sayuran yang sangat “Indonesia” banget ialah dengan mencampurkan bumbu kacang ke dalam sayuran, sehingga jadilah yang namanya gado-gado, lotek, pecel, karedok, ketoprak, tahu tek dan nasi lengko yang bisa menjadi pilihan anda dalam menyajikan sayur dengan rasa yang sangat nikmat. Apa saja ya perbedaan 7 menu tersebut?

1. Gado-gado

Makanan yang berasal dari Jawa ini selalu menggiurkan dikonsumsi kapan dan dimana saja. Gado-gado terbuat dari bermacam sayuran yang direbus mulai dari kangkung atau bayam, kol, kacang panjang, jagung, kentang, mentimun, labu, dan dicampur tempe atau tahu sebagai pelengkap.

Bahan tersebut setelah itu diaduk dengan bumbu kacang yang merupakan campuran dari kacang tanah yang sudah digoreng, gula jawa, air asam jawa, garam dan terasi yang membuat wangi bumbu gado-gado menjadi unik. Gado-gado biasanya dilengkapi dengan telur rebus dan bisa dikonsumsi dengan nasi, lontong atau tak dengan keduanya, jika anda memang sedang diet karbo.

Oya, pernah sekali saya makan gado-gado di Kota Cirebon, dan ternyata ada yang berbeda, bumbu kacangnya dicampur santan agar rasanya lebih gurih, namun tak mengubah secara tampilan. Saya pun baru menyadarinya ketika teman saya yang asli Cirebon mengatakan hal tersebut. Ketika saya konfirmasi pada ibu penjualnya, ternyata benar, lho, gado-gadonya memakai santan. Pantas saja rasanya lebih gurih.

2. Lotek

Hampir sama dengan gado-gado, lotek juga berasal dari Jawa dan merupakan campuran sayuran matang yang sudah direbus dan macamnya hampir mirip dengan gado-gado. Hanya saja pada bumbu kacangnya ditambahkan kencur dan bawang putih sehingga wanginya jadi lebih khas dibanding gado-gado. Lotek juga tak disajikan dengan irisan telur rebus dan kentang, namun biasa dibarengi dengan ketupat atau lontong.

Di salah satu kota kecil di Jawa Barat, yakni Kuningan, tempat saya dibesarkan, lotek tak ada bedanya dengan gado-gado. Hanya terkait penamaan saja. jika di Jakarta disebut gado-gado yang juga berarti campur aduk, sedangkan di Kuningaan biasa disebut lotek.

3. Pecel

Pecel yang berasal dari Madiun ini juga jadi salah satu makanan yang berisi campuran sayuran matang seperti kangkung, kacang panjang, tauge, dan mentimun. Namun penyajiannya berbeda dengan gado-gado dan lotek yang diaduk rata dengan bumbu kacang yang sudah dihaluskan. Bumbu kacang disajikan dengan cara disiram di atas sayuran yang sudah disatukan di dalam pincuk yang terbuat dari daun. Pincuk ini juga merupakan salah satu keunikan dari pecel yang berbeda dari yang lainnya.

Bumbu kacang pecel juga diulek tak terlalu halus. Bumbunya terdiri dari kacang tanah, gula merah, cabai, dan garam diberi perasan jeruk limau atau purut yang membuat wangi bumbu kacangnya sangat khas. Terakhir, pecel biasanya disajikan dengan rempeyek rebon, teri atau kacang tanah yang akan menambah nikmat dengan kerenyahannya.


4. Karedok

Karedok paling enak dinikmati saat santap siang hari sebab karedok terbuat dari sayuran mentah yang segar dan renyah. Makanan khas Sunda ini terdiri dari campuran sayuran mentah seperti tauge, mentimun, kol, kacang panjang, dan kemangi yang juga akan membuatnya jadi wangi. Selain kemangi, kencur juga jadi bumbu yang membuat karedok menjadi sangat khas. Perpaduan sayur mentah, kemangi, dan bumbu kacang yang dicampur kencur, membuat karedok bercita rasa super sedap!


5. Ketoprak

Sajian ini ialah salah satu makanan berbumbu kacang tetapi minim sayuran dan tentunya bisa jadi alternatif pilihan bagi anda yang tak suka sayuran. Ketoprak merupakan sajian khas Betawi yang berisi bihun, tauge, tahu putih goreng, dan potongan lontong atau ketupat. Tahu putih ini biasanya digoreng sesaat sesudah ketoprak dipesan dan hendak disajikan. Hmm, kebayang kan, bagaimana harum aroma tahu yang menguar.

Bumbu kacangnya juga mempunyai aroma yang cukup kuat dari bawang putih mentah di dalamnya. Selain disiram bumbu kacang, ketoprak juga diberi sedikit siraman kecap manis agar lebih sedap. Ohya, jika membelinya di pedagang keliling, bumbu ketoprak tak diulek di atas cobek lho, melainkan di atas piring dengan memakai ulekan dari bambu.

6. Tahu tek

Tahu tek mempunyai asal usul penamaan yang unik, karena makanan khas Surabaya ini menyajikannya dengan cara memakai gunting untuk memotong bahannya seperti tahu, mentimun, lontong, kentang goreng dan tauge. Ketika memotong bahan tersebut memakai gunting, maka akan timbul bunyi tek, tek, tek, sehingga akhirnya dikenal dengan sebutan tahu tek.

Tahu tek juga berbeda dengan makanan berbumbu kacang lainnya karena memakai petis di dalam bumbu kacang yang juga dicampur dengan air, cabai, gula dan bawang putih. Di daerah asalnya, tahu tek lalu dibuat lebih bervariasi. Tahu putih dipotong-potong atau dihancurkan, lalu dicampur dengan telur untuk setelah itu digoreng jadi mirip telur dadar. Sajian ini setelah itu disebut dengan tahu telur.

7. Nasi Lengko

Nasi lengko ialah makanan sederhana khas pantura, yakni Cirebon, Indramayu, Brebes dan seandarnya. Sesuai namanya, nasi menjadi bahan utama yang menjadi bagian di dalamnya, tak seperti yang lain. Nasi putih ditambahkan tauge rebus, mentimun mentah, tahu goreng, tempe goreng, irisan saun bawang, dan disiram dengan bumbu kacang. Tak hanya disiram bumbu kacang saja, namun nasi lengko juga disiram dengan sambal kecap, dari campuran kecap dan irisan cabe rawit. Kerupuk bulat putih akan menjadi pelengkap nasi lengko ini, yang juga dikenal sebagai makanan murah meriah namun kaya protein.


 Tertarik mencoba sensasi rasa bumbu tabur ini? tak perlu lama lama lagi, kini kita bisa melayani segala pemesanan dari dalam kota maupun luarkota yang tetunya kia juga bekerjasama dengan pihak pihak ekspedisi. Tunggu apalagi, segera putuskan untuk segera mendapatkan produk bumbu tabur ini. Berikut kami sediakan Info mengenai peluang bisnis Bumbu Tabur rumahan dan aneka camilan lain bisa anda klik DISINI


Demikianlah Artikel Anda Orang Indonesia ? Tentunnya Sudah Mencoba 7 Makanan Ini

Sekianlah artikel Anda Orang Indonesia ? Tentunnya Sudah Mencoba 7 Makanan Ini kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Anda Orang Indonesia ? Tentunnya Sudah Mencoba 7 Makanan Ini dengan alamat link https://jualbumbutabursnack.blogspot.com/2012/08/anda-orang-indonesia-tentunnya-sudah.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar